Jumat, 28 Februari 2014

170. YANG TERBARU, SUZUKI VAN VAN 125


SUZUKI VAN VAN 125.
Mesin Fuel Injection : injeksi bahan bakar di mesin 125 cc 4 langkah dohc 6 speed irit kemacetan lalu lintas.
Rack Bagasi Terpadu : Adalah perlengkapan standard untuk mambawa barang belanja sehari-hari.

As shock depan berdiameter 33 mm sedangkan shock belakang tinggi 136 mm membuat kenyaman dan pengalaman tersendiri dalam mengendarai van van ukuran ban : Ring 18 inch ban 130/80 depan pada roda aluminium -rim dan ekstra-lebar 14-inci 180/80 ban belakang dengan pola tapak khas dinamis. Rem cakram depan dua piston, belakang tromol. Tangki BBM ramping dengan volume 6,5 liter. Footpegs berukuran besar menambah kenyamanan. Headlamp kompak 60/55W.

Speedometer dengan background hitam dan angka putih menyala dalam gelap dengan model klasik yang unik. 
bahan bakar, responsif bertenaga dan rendah emisi. didukung pula dengan katalisator untuk menekan emisi.
Rasio roda gigi yang dipilih dengan cermat memberikan akselerasi halus dari setiap gigi dengan starter electric
Jok Lebar dan tinggi sehingga mengendarai Suzuki van van 125 terasa santai. Jok nyaman dan rendah membuat motor komuter kota yang ideal, mudah parkir, dan cocok untuk 
Ingin tahu harganya? kalau di UK cuma  UK £ 3149 atau senilai Rp. 5,9 juta.... “murah bukan…??”







Bagasi terpadu

 Spedometer klasik

 Penampakan bagi pengendara, unik...



Selasa, 25 Februari 2014

169.BURSA MOTOR ANTIK ADA DI KUDUS



Luar biasa...disini disediakan motor-motor jadul produk dari Jepang,
 sampai benua Eropa.Semuanya dalam kondisi laik jalan karenasudah 
direstorasi. Bahkan BMW yang tergolong langkapun tersedia disini












 R60  Produksi Th 56-60 Juga ada


Gambar tengah. BMW R4 Series dengan suspensi 
depanPlate spring,9 laminae, from July with friction
shock absorber.dan suspensi belakang Rigid. 
BMW R4 Series diprodulksi th 1932 sampai 1937. 

Selanjutnya, mari kita menengok ke belakang. Kita 
lihatbagaimana BMW R4 Series dari tahun ke tahun.

BMW R4 Series 1 1932 1932

BMW R4 Series 2 1933 1933

BMW R4 Series 3 1934 1934

MW R4 Series 4 1935 1935

BMW R4 Series 5 1936 1937

R32  Produksi Th 28-29

 R66  Produksi Th 38-41

R71  Produksi Th 38-41

 R75  Produksi Th 41-44

R67 (1)  Produksi Th 51-51

 R69  Produksi Th 55-60

 R60  Produksi Th 56-60

R67  Produksi Th 52-54

R67_2  Produksi Th 52-54

R69s  Produksi Th 67-69


 R69us  Produksi Th 67-69

 R756  Produksi Th73-76

R65ls  Produksi Th81-85

 R65mono Produksi Th 85-93

 R75 Produksi Th 69-73

R65 Produksi Th 78-85

R756 Produksi th76-79

R757  Produksi th76-79

R65RT Produksi Th 78-85

 R65gs Produksi Th 87-92

Senin, 10 Februari 2014

168. ACCORD MAESTRO PGM-FI 93



BAGAIMANA Memilih Honda Accord Maestro


Honda Accord Maestro adalah Honda Accord  generasi ke 4. Dimulai kemunculannya pada tahun 1990 sampai 1993.
Honda accord tahun 1990 dan 1991 memakai karburator  , engine 2000cc 16 Valve dengan tenaga 115 Hp. Meningkat 10 hp dari generasi accord sebelumnya yaitu prestige yang memiliki tenaga 105 Hp.
Body juga mengalami perubahan. Body lebih besar. Wheelbasenya juga meningkat menjadi 2720 mm.
Accord tahun 1992 dan 1993 mengalami perubahan di sektor injection Bahan bakar. Tenaga meningkat 20 Hp menjadi 135 Hp.Demikian juga dengan torsinya. Sehingga perbandingan gearbox mengalami sedikit penyesuaian mengikuti tenaganya.
Geometri  suspensi Double Wishbone  khas accord juga mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan generasi prestige.
Membuat gerakan body lebih stabil. Body roll jauh berkurang. Gerakan body kesamping yang sangat terasa setelah melewati jalan bumpy yang dirasakan pada generasi prestige ( kelemahan accord prestige ) sudah tidak muncul pada generasi Maestro.
Tenaga yang besar , mesin yang sangat durable , kenyamanan suspensi   menjadikan maestro menjadi salah satu accord yang nyaman dan paling banyak dicari serta menjadikannya Japanesse car of the Year pada sekitar tahun 1990an.
Boleh dibilang maestro menjadi salah satu sedan midsize terbaik pada jamannya. Dibandingkan rivalnya yaitu  Toyota Corona , dan mitsubhisi Eterna.



Keawetan mesinnya layak di acungi jempol. Demikian pula dengan performa akselerasi 0 s/d100km/jam yang ditempuh dalam hitungan dibawah 10 detik sangatlah baik pada saat itu. Bahkan performanya masih layak diperhitungkan dan diperbandingkan dengan mobil yang lebih baru , walaupun usia meastro saat ini memasuki hampir 20 tahun.

Pada usia 20 tahun dengan perawatan yang baik , pemilihan oli dan pemakaian coolant yang baik, membuat engine maestro masih baik dan halus tanpa membutuhkan overhaul.
Keawetan kaki kaki juga layak diacungi jempol. Mematahkan persepsi orang yang mengatakan bahwa kaki2 system double wishbone lemah.
Seperti halnya Honda accord maestro 1993   sebagai kuda tempur sehari hari  milik penulis , sampai saat ini masih baik. Per dan shockbrakernyapun masih orisinil belum pernah diganti dari baru. Seluruh balloint bagian belakangpun masih orisinil. Sementara balljoint depan sudah mengalami penggantian, Boleh dibilang kaki2 accord lebih baik dibandingkan kaki2 civic.
Kelemahan maestro adalah berada di body , terutama di sekitar karet2 list kaca yang rentan berkarat


Foto: Honda Accord Maestro Produksi : Desember 1993. Telah Berusia Hampir 19 Tahun.Kondisi Mesin Original Belum Pernah turun Mesin. Akan terus mengarungi jalanan macet perkotaan , entah sampai berapa jauh lagi.

 Material dasboard adalah salah satu yang terbaik. Tak lekang dimakan panas matahari yang terik. Seperti terlihat pada foto berikut:


Pada tahun 1992 dan 1993 AC sudah elektrik dan memakai sensor climate zone otomatis. Kaca sipon sudah elektrik bisa dilipat dari dalam. Demikian juga adjustment Height  kursi supir sudah memakai motor elektrik.Bahan pembungkus jok juga salah satu yang terbaik. kain Jok tidak rusak atau berubah warna walau telah berusia hampir  20 tahun.Disamping Banyak kelebihan yang dimilikinya  seperti atikel sebelumnya , Honda Accord Maestro juga memiliki kelemahan yang menjadikan poin bagi kita dalam meminangnya. Yaitu sebagai berikut :Karat di list kaca belakang dan depan. Pastikan karat yang timbul tdak terlalu parah. karena menyebabkan air hujan masuk kedalam mobil. Ditandai dengan plafont yang kusam karena air hujan yang merembes.




Pastikan Per standar , bukan bekas anak muda yang ugal ugalan dengan memotong dan menggunakan pelg diluar standar.
Kalau menemukan bekas anak muda yang suka modifikasi seperti itu , lupakan dan cari yang lain.

Perhatikan Kondisi Mesin.
Mesin yang kering. Orisinil tidak terlalu banyak kabel2 tambahan atau kabel2 modifikasi / jumper/ akal-akalan.
Untuk Olie , jangan menggunakan API SM. karena oli dengan API SM itu digunakan untuk mobil baru yang menggunakan Roller Rocker Arm dan catalytic converter . Untuk mobil yang masih menggunakan Tapped rocker arm , semestinya penggunaan  Oli api sm dihindari.
Standarisasi spesifikasi API SM , mengharuskan mengurangi sedikit kandungan  ZDDP (zinc dialkyldithiophosphate) untuk menekan emisi tinggi di exhausnya yang  akan mempersingkat umur CC. Padahal kandungan ZDDP tersebut sangat berguna untuk mningkatkan life time dari rocker arm dan camshaft . Dimana ZDDP coat , akan mengurangi wearing/ keausan dari Cam


radiator

Perhatikan Kondisi Coolant / Radiator.Hal ini adalah mutlak / wajib. Untuk mobil yang sudah tua , jangan sekali2 memilih mobil yang memakai air biasa. Karena biasanya kondisi Head silinder saat menyentuh diatas 250.000 km sudah korosif termakan air. Lama lama kompresi pembakaran engine  bocor dan head silinder harus di bubut. Demikian juga dengan pipa2 di water jacket engine dan pipa pippa throtle body biasanya sudah patah kemakan korosi.Pastikan selalu sejak baru mobil honda anda memakai cooant yang sesuai.kalau menemui calon mobil yang akan anda beli memiliki radiator yang jorok dan airnya berkarat , segera urungkan niat anda. Carilah mobi yang lain.