Kamis, 17 Januari 2013

88. TENTANG VW


Tentang Volkswagen..



























Asal mobil VW berasal dari jaman Nazi Jerman pada tahun 1930an. 
Adolf Hitler menginginkan agar kendaraan pribadi dapat tersedia 
untuk masyarakat umum, dan menugaskan seorang insinyur, 
Ferdinand Porsche, untuk merancang kendaraan tersebut. 
Hitler mensyaratkan bahwa kendaraan ini harus mampu mengangkut
 dua orang dewasa dan tiga anak kecil, pada kecepatan 100 km/jam, 
dan harganya tidak melebihi harga sepeda motor ditambah harga 
boncengan samping sepeda motor pada waktu itu. Dari situ kemudian 
menjadi cikal bakal kemunculan VW Kodok. 

Perancang mobil yang sebenarnya masih kontroversial, karena walaupun 
secara resmi Ferdinand Porsche adalah perancangnya, pada 1920-an, 
Joseph Ganz telah merancang mobil yang mirip. Mobil tersebut lebih kecil 
dan lebih murah, namun para produsen mobil tidak tertarik, justru dua 
produsen sepeda motor yang tertarik. Adler memproduksi Maikäfer, 
dan Standard memproduksi Superior, dan mengkampanyekan dalam 
iklan sebagai ‘Der Deutsche Volkswagen’ (mobil rakyat Jerman).

Ketika Nazi mulai berkuasa, mereka menyukai Superior, namun tidak lama 

kemudian, Joseph Ganz dimasukkan ke penjara. (Ia kemudian kabur ke 
Swiss). Kemungkinan alasan dipenjaranya Ganz adalah karena Nazi 
mengetahui bahwa ia adalah seorang Yahudi. Pemerintah Nazi kemudian 
mendekati Porsche, yang merancang prototipe mobil yang mirip dengan 
Superior, yang dinamakan Käfer. Menurut Volkswagen, tidak hanya Ganz 
yang telah merancang mobil dengan desain mirip, dan Käfer sendiri
bukan didesain berdasarkan rancangan Ganz. 























Perusahaan Volkswagen dapat bertahan setelah Perang Dunia atas 
usaha seorang tentara Inggris, Mayor Ivan Hirst. Setelah perang, 
Hirst diperintah untuk mengepalai pabrik yang telah rusak dibombardir 
Sekutu dan dikuasai Amerika Serikat. Dimulai dengan usahanya 
membuang bom yang tidak meledak yang tersangkut di antara mesin 
produksi, ia kemudian berhasil meyakinkan angkatan bersenjata 
Inggris untuk memesan 20.000 mobil. Pada tahun 1946, pabrik 
tersebut telah dapat memproduksi 1.000 mobilper bulan.VW Kodok, 
atau resminya VW Type 1, juga dikenal dengan Beetle atau Bug dalam 
bahasa Inggris, atau Käfer dalam bahasa Jerman, WV Kodok 
merupakan salah satu mobil yang paling mudah dikenal di dunia, 
dikarenakan oleh bentuknya yang khas, bunyinya yang unik, dan 
kehandalannya. 




















VW Kodok diproduksi mulai tahun 1938 sampai 2003, walau sempat 
terhenti oleh Perang Dunia II. Pada rentang masa yang panjang ini, 
lebih dari 21 juta VW Kodok dibuat. Dalam sebuah polling internasional
untuk penghargaan mobil yang paling berpengaruh, VW Kodok 
menempati peringkat keempat setelah Ford Model T, Mini dan Citroën DS.



Produksi VW Kodok “Type 1″ berkembang pesat dari tahun ke tahun, 
pada th 1954 mencapai 1 juta mobil. Pada th 1973, produksi telah 
mencapai 16 juta, dan popularitas mobil telah menyebar ke berbagai 
penjuru dunia. Mobil ini memiliki nama julukan yang berbeda-beda 
pada setiap negara, namanya biasanya berupa istilah yang mencoba 
menggambarkan bentuknya yang unik: Käfer di Jerman; Sedan, 
lalu Fusca di Brasil; Coccinelle di Perancis; Σκαθάρι (Scathari yang 
berarti kumbang) atau Σκαραβαίος (Scaraveos yang berarti kumbang 
jenis Scarabaeidae) di Yunani; Maggiolino di Italia; Sedán atau Vocho 
di Meksiko; Kever di Belanda; kotseng kuba (yang berarti ‘mobil 
punggung bongkok’)/”pagong” (kura-kura) di Filipina; Garbus (yang 
berarti ‘ Bongkok’) in Polandia; Brouk di Republik Ceko; Carocha di 
Portugal; Escarabajo di Spanyol dan Amerika Latin; Hipushit di Israel; 
Косτенурка (Kostenurka) di Bulgaria (yang berarti kura-kura); عقروقة 
(Ag-ru-ga) in Iraq; Boble (gelembung) di Norwegia; Buba di Kroasia; 
Bug di Amerika Serikat, dan tentunya Kodok di Indonesia. 


Selain VW kodok, yang cukup fenomenal lainnya dari Volkswagen 
adalah VW Kombi atau VW Bus. Kombi, Dakota, Westfalia, atau 
Barndoor. Ini dia sebutan yang biasa kita ucap begitu melihat sebuah 
mobil penumpang berbentuk mirip roti tawar dan memajang tipografi 
merek dengan desain bundar berisi huruf V dan W di dalamnya. 
Bagaimanapun mobil yang secara umum lebih dikenal dengan 
VW Bus ini menorehkan sejarah yang sangat panjang dan lebih dari 
setengah abad. Bahkan hingga hari ini ketika kita masih bisa melihat 
Caravelle dan Transporter. 





















Tidak banyak yang tahu kalau VW Bus sebenarnya adalah jajaran 
kendaraan ke dua yang diperkenalkan oleh Volkswagen menyambung 
kejayaan 

Beetle sebagai mobil rakyat. Berarti VW Bus adalah Volkswagen 
Type 2 dan Beetle adalah Type 1. Menurut sumber yang didapat dari 
internet, gagasan untuk pembuatan Type 2 berasal dari importir mobil 
VW asal Belanda yang bernama Ben Pon. Sketsa pertama pun lahir 
dari jemari tangan Ben pada tahun 1947. Di luar faktor aerodinamika 
prototipe pertama yang kurang baik, mobil van ini pun mendapat 
penyempurnaan lebih lanjut di pusat fasilitas wind tunnel Universitas 
Teknik di Braunschweig, Jerman. Tiga tahun kemudian, di bawah 
supervisi langsung dari CEO VW yaitu Heinz Nordhoff, model produksi 
pertama VW Bus pun mulai dirilis ke depan publik. 


Type 2 termasuk generasi kendaraan komersial pertama yang 
menempatkan pengemudi tepat di atas roda depan. Generasi pertama 
dari VW Type 2 yaitu T1 diproduksi mulai tahun 1950 (8 Maret) hingga 
1967. Kendaraan yang gampang dikenali lewat penampilan kaca depan 
terpisah (split windshield) ini sampai dengan tahun 1956 diproduksi 
di Wolfsburg. Di tahun-tahun berikutnya, Type 2 keluar dari fasilitas 
produksi VW Bus baru di Hanover.























Versi paling awal T1 yaitu T1a populer disebut sebagai Barndoor 
atau yang secara harafiah diterjemahkan sebagai pintu gudang. 
Apa pasal? Tak lain adalah karena deck lid T1a yang terletak di bagian 
belakang tak ubahnya sebuah gudang lantaran di situ tertampung 
berbagai piranti penting mulai dari mesin, tangki bensin, dan ban serep 
dalam satu kompartemen. Bisa dibayangkan kan? Keunikan lain 
dari Barndoor bukan cuma itu. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan 
ban dan velg berdiameter 16 inci, desain interior yang sangat simpel, 
serta lampu sinyal berbelok yang akrab disebut semaphore. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar