Minggu, 17 Februari 2013

151.Janus, Sepeda Motor Klasik Asli Amerika

Janus...
Sepeda Motor Klasik Asli Amerika



Masih ada saja orang Amerika yang ingin membuat sepeda motor “kecil” dengan penampilan beda. Itulah yang dilakukan oleh David Biek, seorang modifkator dan ahli mesin asal Indiana. Dengan perusahaanya, Janus Motorcycle –  didirikannya bersama Richard Worsham, seorang arsitek khusus klasik – awal tahun depan yang memproduksi sepeda motor dengan mesin 50 cc.
Model pertama Janus,Halcyon 50 sudah diperlihatkan, tampil denga gaya era 1920-an. Dijelaskan, pilihan tersebut bukan mencari sensasi, membangun filosofi, tidak ikut “mainstream”, namun tetap menggunakan teknologi terkini.
Pecinta sepeda motor klasik dijamin tertarik. Tangkinya dibuat dengan model roundtan, jok tunggal, setang dan lampu kuno. ”Kami ingin berada di kelas baru, menyediakan kendaraan perkotaan untuk pria dan wanita muda yang berjiwa bebas. Kami memberikan sepeda motor yang tidak rumit, lincah, dan mudah ditangani jika muncul masalah,” jelas Biek.
Bekal yang dibawa Halcyon 50 adalah mesin 50cc, 2-tak, pendingin cairan, transmsi enam percepatan. Suspensi menggunakan produk EBR, Italia. Sementara karburator Dellorto 17mm dengan rangka dibuat dengan tangan.
Dengan bodi ringan, mesin mampu membawa sepeda motor melaju 90 kpj, konsumsi bahan bakar 29,9 kpl. Harga, untuk varian dasar  3.900 US Dollar (Rp 37,5 jutaan) dan mahal 5.300 dollar AS atau (Rp 50 jutaan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar