Sabtu, 05 Agustus 2017

213. Small Car Big Fun


SUZUKI KARIMUN

Suzuki Karimun adalah kei car yang diproduksi di Jepang sejak tahun 1993 tapi baru masuk ke Indonesia tahun 1999, tanggal peluncurannya pun bisa disebut unik malahan keramat, yaitu 9-9-99 (9 September 1999) dimana waktu Indonesia sedang bangkit dari dampak krisis moneter.

Selain dikenal sebagai Karimun di Indonesia, Suzuki Wagon R punya banyak nama lain diantaranya Suzuki Solio, Maruti Wagon R, Maruti Zein Estilo, Mazda Flair, Opel & Vauxhall Agila dan Chevrolet Wagon R.

Suzuki Indonesia sendiri mengadopsi nama pulau Karimun yang terletak di propinsi Riau waktu itu atau sekarang masuk wilayah propinsi Kepulauan Riau / Kepri, maksudnya agar terdengar lebih Indonesia atau berwawasan nusantara supaya lebih akrab dan menarik minat konsumen di negeri nusantara ini, maklum, bangsa Indonesia memang terkenal memiliki jiwa nasionalis tinggi.

Suzuki Karimun sendiri memiliki bentuk eksterior khas yang disebut tall boy. Konsep ini pada intinya adalah meninggikan atap kendaraan dan memperpendek ukuran bonnet alias hidungnya, dengan demikian Karimun memiliki ruang kabin cukup lega meski secara dimensi masih masuk dalam trah citycar atau kei car

Di Indonesia sendiri Karimun memiliki basis penggemar cukup besar dan tersebar di hampir seluruh wilayah nusantara. Karena banyaknya, Karimuners (sebutan bagi pengguna mobil Karimun) kemudian membentuk sebuah komunitas atau perkumpulan bernama Karimun Club Indonesia (KCI) yang berdiri pada tanggal 19 April 2001.

Member dari KCI dikenal cukup loyal dan aktif mengadakan berbagai macam kegiatan khususnya yang mengangkat tema sosial, KCI telah meraih beragam prestasi diantaranya sebagai “Inspiring Club of The Year” pada Otomotif Awards 2015.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar