Minggu, 06 Agustus 2017

214. Suzuki Karimun Estilo dan Splash

Suzuki Karimun Estilo dan Splash

Suzuki Karimun masuk ke Indonesia menjelang milenium ketiga, waktu itu Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih mendatangkannya secara utuh atau CBU dari Jepang, yang memang saat itu masih menjadi satu – satunya negara yang memproduksi mobil mini menggemaskan tersebut. 

Di negeri Sakura, Karimun memiliki nama asli Wagon R, R merupakan singkatan dari Recreation, kata tersebut cukup menjelaskan bila mobil ini memang dibuat untuk memberikan suasana berkendara yang asyik dan menyenangkan walau harus berjibaku ditengah padat dan macetnya situasi jalan raya di perkotaan.

Karimunpun turut berkembang seiring dengan trend serta tuntutan zaman.

Pada tahun 2006, Karimun generasi pertama berganti dengan model baru bernama Karimun Estilo, mobil ini juga dipasarkan oleh Maruti India dengan nama Zein Estilo.

Walau di Indonesia masuk dalam klan mobil Karimun, akan tetapi sejatinya Estilo memiliki perbedaan yang cukup medasar dibanding keluarga asli Wagon R (Karimun). Selain body yang jauh dari kesan kotak atau boxy yang menjadi signature line dari Wagon R, Estilo dibangun diatas platform MR Wagon yang merupakan platform Mini MPV, dengan demikian Estilo sebenarnya lebih dekat dan identik dengan Suzuki Splash, ironisnya, inilah salah satu penyebab Estilo kemudian disuntik mati alias discontinued karena SIS ingin memberikan arena bermain yang lebih luas bagi Splash, disamping alasan lainnya yakni berhentinya pasokan dari Maruti India.

Yang dimaksud berkembang bukanlah dari segi ukuran atau size namun dalam hal rancang bangun desain, performa serta teknologi yang semakin lengkap dan canggih, karena kalau untuk urusan dimensi, ukuran Karimun sejak generasi pertama hingga versi LCGC saat ini ya segitu – gitu aja alias nyaris tak mengalami pertumbuhan atau perbedaan secara signifikan.

Bagaimana dengan harganya? ya, harga sudah barang tentu merupakan faktor penting, terlebih Karimun memproklamirkan diri sebagai produk mobil murah. Dari generasi lawas hingga sekarang, Karimun ditempatkan sebagai entry level alias line up termurah dari produsen kendaraan yang terkenal dengan produk – produk berharga merakyat alias terjangkau oleh semua kalangan.

Bisa dibayangkan, bagaimana murahnya mobil Karimun. Namun meski harganya sangat ekonomis bukan berarti Karimun menjadi produk murahan, dalam hal kualitas spesifikasi, teknologi maupun desain, pelopor citycar di Indonesia ini termasuk paling unggul, maka tak heran bila harga jual kembali Karimun second hand termasuk stabil dan paling tinggi dibanding produk lain dikelasnya dengan model dan tahun pembuatan yang sama.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar