Senin, 24 April 2017

209. TIPS MEMBELI KARIMUN KOTAK


PERHATIKAN INI SEBELUM BELI KARIMUN KOTAK BEKAS


Umur mobil adalah faktor utama yang perlu menjadi pertimbangan untuk menjadikan Karimun Kotak sebagai alat transpostrasi harian. Layaknya mobil yang sudah berumur tentu akan banyak part yang sudah butuh penggantian, namun hal tersebut dapat diminimalisir dengan memilih tahun yang lebih muda dan yang utama adalah memilih mobil bekas dalam kondisi yang terawat sehingga pengeluaran untuk perbaikan dapat ditekan.
Banyak pedagang amatir yang menjual Karimun Kotak dengan harga terbilang sangat mahal untuk mobil yang terbilang dengan teknologinya jadul. Hal itu bisa dimaklumi karena Karimun kotak terkenal irit dan bandel serta mudah dirawat. Jangan anda berpikir tahun lebih muda pasti lebih baik dan layak dihargai mahal, yang terpenting periksa dengan teliti sebelum memastikan untuk membeli.


Berikut ini beberapa tips yang perlu anda perhatkan sebelum membeli Karimun Kotak.

Cek EPS
Semua Suzuki Karimun dari generasi awal hingga terkahir telah menggunakan Electric Power Steering(EPS). Cek bagian ini dengan menyalakan mesin, lampu indikator EPS akan mati yang berarti normal (wasapadai jika indikator EPS menyala terus dalam kondisi mesin hidup). Masih dalam kondisi mesin hidup putar setir ke kanan dan ke kiri hingga mentok jika setir ringan tanpa terasa tersendat-sendat berarti EPS normal.


Cek AC 
Karena masa pakainya yang sudah lama biasanya evaporator AC akan kotor sehingga kurang dingin. Jika sudah tidak dingin berarti anda perlu menyiapkan anggaran untuk service AC. Dalam kondisi stasioner ketika AC dinyalakan normalnya putaran mesin akan sedikit meninggi, jika tidak berarti ada kesalahan pada iddle up-nya. Karburator Karena umur pakainya yang sudah lama maka wajar jika Karburator Karimun Kotak sudah tidak prima lagi, biasanya ditandai dengan rpm yang tidak stabil (naik turun) ketika dalam kondisi stasioner/idle. Untuk perbaikannya biasanya cukup membongkar karburator untuk dibersihkan dan diikuti dengan penggantian packing-packingnya. Karburator masih memmbutuhkan penyetelan, setelan karburator yang tidak pas atau packing yang sudah bocor juga menyebakan mobil jadi lebih boros bbm.


Perhatikan Roda Depan
Hal ini bisa terjadi pada semua jenis Suzuki Karimun, untuk mengeceknya lakukan test drive di jalanan yang rusak apakah muncul bunyi atau suara klutuk-klutuk dari roda depan.

Perhatikan Kipas Radiator
Kipas radiator menggunakan motor yang menggunakan arus listrik, jika sudah lemah sebaiknya mengganti motornya secara utuh (jangan di-service). Ciri-ciri kipas radiator lemah adalah jarum penunjuk temperatur mesin akan naik ketika jalanan macet tapi perlahan turun ketika dipacu diatas kecepatan 60 km/jam.


Radiator Berkarat 
Buka tutup radiator Karimun Kotak bekas yang ingin anda beli, lihat apakah diselimuti endapan karat berwarna kekuningan pada tutupnya. Karat muncul karena pemilik sebelumnya cari hemat tidak menggunakan radiator coolant untuk mengisi radiatornya. Akibat bertumpuknya karat yang bisa menyebabkan radiator atau thermostat jadi tersumbat sehingga mesin berpotensi overheat. Tanda-tanda mobil yang tidak terawat dan tidak pernah memakai water coolant begitu dibuka tutup radiatornya sudah kelihatan kotor, coklat karena karat. Bahkan kalau dilihat di tabung reservoir mungkin lebih jorok lagi. Airnya kental dan coklat sangat menjijikkan. Kecuali kalau semua airnya terlihat bening, bersih mungkin masih bisa dipertimbangkan. Dalam hal satu ini,  jangan ragu-ragu, supaya tidak dibuat pusing lebih aman tinggalkan mobil itu. Carilah yang lain. Karena perawatan radiator bukan soal sepele. Water Coolant untuk perawatan radiator sebetulnya tidaklah mahal, harganya yang murah tidak sebanding dengan resiko kalau mesin overheat karena ingin sedikit hemat karena biasa memakai air biasa, air sumur, pam, bahkan ada yang memskai air sungao.


Perhatikan Asap Putih 
Pada Knalpot Cermati asap putih pekat yang keluar dari knalpot, biasanya dalam kondisi mobil berjalan. Hal ini biasa timbul karena oli yang ikut terbakar bercampur dengan bensin. Tinggalkan mobil bekas dengan asap putih pekat, karena butuh anggaran khusus untuk perbaikan yang jumlahnya cukup menyita isi kantong.


Bagasi Luas dan Sandaran Jok Terbagi Dua

Jadi telitilah sebelum membeli Karimun Kotak dalam kondisi bekas mengingat umurnya yang sudah tidak muda lagi, akan lebih baik jika membeli dari pemilik sebelumnya yang rutin melakukan perawatan dan perhatian dengan mobilnya.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar