Pada akhir tahun 40an, produsen sepeda motor besar beranggapan bahwa cara terbaik untuk mengiklankan kendaraan mereka adalah dengan mengikuti lomba yang diadakan di sejumlah kota.Tujuannya adalah untuk mendekatkan masyarakat umum pada sektor otomotifsehinga bisa menambah pelanggan-pelanggan baru yang potensial.
Piaggio juga merancang
serangkaian skuter sirkuit seperti produk tahun 1949 ini yang sejak
awal dirancang untuk tujuan tersebut. Selain
untuk iklan, Vespa Circuito 125 juga berguna sebagai uji coba untuk
menguji produk baru yang kemudian diterapkan pada produk-produk standar.Vespa
balap, dibuat sepenuhnya manual oleh spesialis dari Divisi Eksperimen
(R&D) Piaggio dan digunakan dalam berbagai perlombaan sampai
pertengahan tahun 50an. Skuter ini dikendarai oleh pembalap
terkenal seperti Dino Mazzoncini dan Giuseppe Cau. Khusus Giuseppe
Cau, dia memenangkan perlombaan dengan
menggunakan kronometer
di Catania-Etna pada tahun 1950 dan keluar sebagai juara pertama di
kelasnya (125cc), menempati urutan ketiga dalam klasemen keseluruhan
dibelakang Guzzi dan Benelli.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar