Kamis, 27 Desember 2012

85.Dikit Cerita Tentang Honda Monkey


Dikit cerita tentang

honda monkey



Tentang Honda Monkey, kenapa disebut demikian karena ukurannya yang kecil menjadikan ridernya kelihatan seperti pemain sirkus! tentunya bukan yang mirip ini lho ya! 
Pada Tahun 1961 tepatnya pada Pameran motor Honda di  Honda’s Tama Tech amusement park dan Sirkuit Suzuka, terdapat sebuah penampakan yang membuat rasa penasaran publik atau warga masyarakat yang melihatnya. Ternyata kendaraan unik yang di display tersebut adalah sepeda motor prototype berukuran kecil yang berbentuk unik sehingga banyak menarik minat anak-anak dan orang dewasa di Jepang pada waktu itu. Sepeda motor ini berkode nama Honda Z100.
Z100
Honda Z100 diatas menggunakan roda dengan ukuran 5 inchi, menggunakan mesin 50cc dalam bingkai rangka berwarna merah serta tangki bensin berwarna putih.
Karena tingginya antusiasme dan minat terhadap Z100 ini, tidak lama kemudian Honda mulai mengembangkannya menjadi versi jalan raya dan memberi kode nama CZ100. Model inilah yang kemudian menjadi populer dan pada tahun 1963 mulai di ekspor dengan jumlah terbatas ke Eropa 

CZ100
Pada Tahun 1967, CZ100 dikembangkan menjadi versi baru dan diberi kode nama Z50M. Perubahannya masih sebatas penempatan seat atau jok menjadi lebih tinggi dan bentuk serta posisi stang kemudi yang bisa ditekuk/stel agar lebih mudah untuk dikendarai. Sementara bagian lain seperti ban/roda masih berukuran sama dengan CZ100 dan tetap rigid (tanpa suspensi) 
Z50M
Selanjutnya pada Tahun 1969, Z50M dikembangkan lagi menjadi Z50Z (JDM) untuk pasar dalam negeri Jepang dan Z50A untuk pasar Amerika dan Eropa. Pada seri ini penggunaan suspensi mulai digunakan walau hanya bagian depan saja dan roda 8 inchi 
Z50Z (JDM)
Khusus untuk seri A atau Z50A yang dipasarkan ke Amerika dan Eropa, sering disebut juga sebagai “mini trail” dan juga “monkey” 
Z50A
Seri pertama dari Z50A yang dipasarkan ke Amerika seperti gambar diatas disebut juga sebagai versi K0 (K Zero) dan dijual hanya untuk penggunaan/keperluan offroad saja karena tidak memakai lampu pencahayaan. Selain K0 dikembangkan juga untuk pasar amerika versi QA50 yang didesain khusus untuk kondisi off road.
QA50
Mini trail Z50A K0 terus dikembangkan hingga menjadi K6. Sebagian besar hanya mengalami minor change seperti perubahan warna dan sticker. (puyeng juga ya… hampir tiap tahun mbrojol model baru mirip orang lagi ngejar setoran
Pada tahun 1973 dibuat lagi varian baru dari Z50A K3 yang sudah ditambahi suspensi belakang berikut lengan ayun menjadi Z50J. Selanjutnya dari Z50J ini dikembangkan menjadi seri J-I, J-II dan J-III. Khusus J-III selain perubahan tangki yang lebih besar, sektor mesin juga mengalami perubahan menjadi 4 speed manual clutch sehingga dikenal sebagai Honda Gorilla. (mbahne monyet nih!  )
Z50A K3
Z50J-I
Z50J-II
Z50J-III Gorilla
Gorilla ini dari pertama kali dilahirkan terus diproduksi dan modifikasi tiap tahunnya hingga mulai di kurangi pada Tahun 1999. Sampai saat ini beberapa varian masih dibuat edisi khusus dan sangat terbatas hanya untuk para kolektor saja. 
Tambah dikit lagi, biarpun unit produksi dari Honda Monkey atau Gorilla sudah berhenti, tetapi dikarenakan jumlah populasinya di Jepang, Eropa dan Amerika sangat besar dan para penggemarnya juga sangat banyak, maka tidak heran banyak pabrik pemasok komponen after market racing ternama seperti Gcraft, takegawa,Kitaco, daytona, OVER, Ohnishi dan Yoshimura menyediakan berbagai macam dan jenis parts modifikasi yang bisa memuaskan para pemelihara monyet dan gorilla ini. Secara kualitas juga nggak main-main, mulai dari body, mesin, frame dan knalpot semua tersedia. 
Ada satu contoh modifikasi monyet atau gorilla yang aslinya masih nampak bawaan dari habitat alaminya menjadi sesosok monyet atau gorilla milennium!

2 komentar: