Minggu, 16 Desember 2012

1.Vespa dan VESPA

SEJARAH VESPA

Piaggio didirikan di Genoa, Italia pada tahun 1884 oleh Rinaldo Piaggio.Bisnis Rinaldo dimulai peralatan kapal. Tapi di akhir abad, Piaggio juga memproduksi Rel Kereta, Gerbong Kereta, body Truck, Mesin dan Kereta api. Pada Perang Dunia I, perusahaannya memproduksi Pesawat Terbang dan Kapal Laut. Pada tahun 1917 Piaggio membeli pabrik baru di Pisa dan 4 tahun kemudian Rinaldo mengambil alih sebuah pabrik kecil di Pontedera di daerah Tuscany Italia. Pabrik di Pontedera inilah yang mana menjadi Pusat produksi pesawat terbangnya (baling-baling, Mesin dan Pesawat) Selama Perang Dunia II, pabrik di Pontedera membuat P108 untuk mesin Pesawat dua penumpang dan Versi Pembom.

Enrico Piaggio mengambil alih perusahan ayahnya (Rinaldo). Enrico memutuskan untuk fokuskan perhatian perusahaannya pada masalah personal Mobility yg dibutuhkan masyarakat Italia. Kemudian bergabunglah Corradino D’Ascanio, Insinyur bidang penerbangan yang berbakat yang merancang, mengkonsep dan menerbangkan Helikopter Modern Pertamanya Piaggio. D’Ascanio membuat rancangan yang simple,ekonomis, nyaman dan juga elegan. D’Ascanio memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru. Dengan mengambil gambaran dari tehnologi pesawat terbang, dia membayangkan sebuah kendaraan yang dibangun dengan sebuah “Monocoque” atau Unibody Steel Chassis. Garpu depan seperti Ban mendarat sebuah pesawat yang mana mudah untuk penggantian ban. Hasilnya sebuah design yg terinspirasi dari pesawat yang yang sampai saat ini berbeda dengan kendaraan yang lain. Saat melihat kendaraan itu, Enrique Piaggio berkata “ Sambra Una Vespa” ( terlihat seperti Tawon ). Frame depan dirancang untuk melindungi pengendara dari debu jalanan. Pada Akhir 1949, telah di produksi 35000 unit dan dalam 10 tahun telah memproduksi 1 Juta unit dan pada pertengahan tahun 1950, vespa telah diproduksi di German, Great Britain, Prancis, Belgia, Spanyol dan tentu di Italia. Selama tahun 1960-an dan 1970-an Vespa menjadi simbol dari revolusi gagasan pada waktu itu. Dan cerita terus berlanjut saat ini dengan model generasi baru Vespa, mempersembahkan Vespa ET2, Vespa ET4, Vespa Granturismo dan Vespa PX150. Vespa bukan hanya sekedar Scooter tapi salah satu Icon besar orang Italia.




VESPA SUPER 66


VESPA SUPER 66


Vespa VBB dengan Sespan cantik.

Sebuah karya spektakuler yang bisa memberikan inspirasi kita 
dalam membangun indahnya Vespa kesayangan kita...


Akan lebih menarik lagi kalau Sespan
dilengkapi dasbor dan televisi LCD.

VESPA PTS 100

PTS 100 merupakan produk PT Dan Motor Indonesia yang mendapatkan license pembuatan dari Piaggio Italia. Dia punya saudara kembar tapi tak serupa, yaitu PTS 90. Angka yang tertulis merepresentasikan besar kubikasi mesin. Secara kasat mata, yang membedakan kedua jenis Vespa ini adalah emblem. Pada PTS 100 terdapat emblem “100 special” diatas taillamp, dan emblem “P 100 TS” di box bagasi kiri. Selain itu, speedometer PTS 100 mencapai angka 120 km/h. Cuma ya jangan harap bisa memacu PTS 100 sampai kecepatan segitu, buat saya PTS 100 cocok buat jalan santai, menikmati jalanan kota Solo yang dengan sensasi getaran dari mesin 2 tak yang disusupi oleh karburator Dell Orto.



LAHIRNYA VESPA PX 200 MILENIUM 2010

Pada tahun 2007, produksi dari Vespa PX dihentikan dan yang terakhir dijual sebagai Ultima Serie (seri terakhir), edisi terbatas dengan kaca depan, bagasi , di roda krom dengan ban whitewalled. Namun pada tahun 2010 Vespa PX tiba lagi dengan mesin dimodifikasi untuk memenuhi standar emisi buang EURO 3.


SEJARAH VESPA PX 125, PX 150 E, PX 200 E

Vespa PX dilaunching pada tahun 1977 di Milan sebagai nuova linea model (new line). Vespa didesain dengan rem tromol, mesin satu silinder (kepala aluminium) dan chassis baja. namun telah diperbaiki dengan suspensi depan baru dan poros belakang direvisi agar lebih stabil. Itu didistribusikan sebagai Vespa P125X dan sebagai Vespa P 200 E dengan pengapian elektronik (E untuk ELETTRONICA) dan sejak tahun 1978 dikeluarkan juga Vespa P 150 X.
Pengapian Elektronik juga dipakai untuk model lain, yang kemudian disebut Vespa PX 125 dan Vespa PX 150 E, dan pada tahun 1982 Vespa P 200 E disebut Vespa PX 200 E. Sebuah versi sporty memukul pasar pada tahun 1985 dengan tenaga 12 hp.


VESPA SUPER 66



VESPA SUPER 66


VESPA SUPER 66

2 komentar: