Sabtu, 22 Desember 2012

40.MESKI TUA, TETAP MENGGODA


MESKI TUA, TETAP MENGGODA

Sebelum mesin bensin dan mesin diesel menjadi penggerak utama transportasi darat, dimasa lalu manusia memberdayakan binatang sebagai penghela kereta beban. Meski kekuatan kuda dalam menarik beban di jadikan satuan pengukuran daya, namun sesungguhnya tidak hanya kuda yang dimanfaatkan tenaganya. Sapi, gajah, unta, dan keledai adalah binatang yang juga biasa dimanfaatkan untuk meringankan / membantu pekerjaan manusia.
Ketika ilmu pengetahuan yang dikuasai manusia semakin maju dan berkembang, maka secara lambat namun pasti manusia mulai beralih dan tidak lagi mengandalkan binatang sebagai sumber tenaga. Masa ini ditandai dengan ditemukannya mesin uap yang selanjutnya terus berkembang hingga muncul teknologi internal combustion engine yang melahirkan mesin bensin dan mesin diesel.
Titanic, kapal besar dengan kecelakaan yang melegenda adalah salah satu dari sedikit wahana yang di dorong oleh tenaga mesin uap. Di masa lalu, kereta api yang beroperasi di seluruh dunia (termasuk di Indonesia) juga di tenagai oleh mesin uap. Jika anda bertanya, adakah kendaraan darat (selain kereta api) yang di tenagai oleh mesin uap? Maka jawabannya ada di gambar-gambar berikut ini.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar